Kamis, 09 Februari 2012

setting absen barcode

SETTING ABSENSI DENGAN BARCODE
Untuk memudahkan tertib administrasi pada presensi kehadiran siswa secara akurat dan cepat tidak perlu lagi harus mengabsen satu persatu siswa seperti sebelum tahun 80 an, mengandalkan teknologi barcode adalah salah satu cara sederhana sebelum era  sidik jari digital  ataupun  iris mata digital.
Upaya penertiban absen siswa secara periodik  sangat membantu mengukur statistik  kehadiran siswa secara akurat. Peralatan yang disediakan cukup mudah  dengan pc kantor yang ada  menggunakan sofware  ms. Office 2003 dan wonderland kemudian di tambah peralatan  laser barcode, dan kartu pelajar yang didesain sedemikian rupa untuk menampilkan identitas siswa.
Langkah  awal
·         Persiapan identitas siswa dalam bentuk ms. Access 2003
·         Foto 3 x 4 siswa dan guru
Langkah kedua
·         Mengintegralkan ms. Acces sebagai data basenya dengan menu wonderland melalui menu ODBC seperti langkah langkah berikut ( lihat gambar)










Nah udah dech, ..tinggal ke cmd  ==>         Setting dengan cmd

 



Langkah ketiga
·         Menu absen untuk siswa siap di gunakan dengan  mencoba barcode yang ada untuk mengetahui kehadiran siswa dan jumlah sholat siswa kemarin


·         Singkronisasikan dengan ms access yang ada sebagai data base

 Nah dengan cepat dapat diketahui siswa yang tidak masuk hari itu.
 
Silahkan teman teman TU lainnya  mencoba nya . hub kami di smpits@gmail.com

Rabu, 08 Februari 2012

OPINI KAMI

secuil pekerjaan kami yang tidak sebanding dengan pahlawan tanpa tanda jasa untuk kemajuan pendidikan Indonesia pada anak bangsa mengajar dengan fikroh, memberlakukan dengan mahabah, agar menjadi muslim pembelajar sejati

Selasa, 07 Februari 2012

sejarah singkat smp islam tri shakti


Sejak didirikan pada tanggal 2 januari  tahun 1976 dengan maksud mengangkat pendidikan berlabel Agama Islam pada saat itu bernama SMP Nurul Huda berlokasi di Jl Raya Tandes  no 3 Surabaya,  bermaksud  merangkul  putra putri muslim sekitar Tandes dan sekitarnya, karena dilingkungan Tandes dan sekitarnya kebanyakan SMP  umum yang berdiri, namun  harapan itu ternyata tidak sesuai harapan yang diinginkan lembaga, karena peminat sekolah Agama Islam  konon sangat sedikit.
Melihat perkembangan  perolehan siswa yang tidak menggembirakan, maka di rubahlah nama Nurul Huda menjadi Tri Shakti dengan harapan nuansa pendidikan umumnya terlihat namun tetap  ada pesan dakwah Islam  dalam pendidikan tersebut dengan maksud memberi nama Tri shakti   yang diartikan  Tiga keutamaan yaitu Islam, Iman dan ikhsan.
Melihat perkembangan pendidikan Islam lewat jalur pendidikan menengah pertama semakin bagus maka Yayasan Pendidikan Tri Shakti yang berdiri berdasarkan Akte Notaris  tanggal 26 Juni 1980 No 115 menindaklanjuti pembangunan fisik  sekolah  lebih representatif ketika pelaksanaan kegiatan belajar mengajar serta mengangkat syiar Islam melalui dunia pendidikan formal.
Yayasan Pendidikan Tri Shakti membeli  Lahan seluas 1293 m2  berlokasi di Jl. Tandes Kidul 6 no 21 Surabaya untuk membangun sebuah sekolah menengah Pertama, pada bulan  juli 1998  gedung berlantai 3 mulai di operasikan  dengan jumlah ruang kegiatan belajar sebanyak 8 RKB dan 1 ruang Guru serta Kepala Sekolah, ditambah ruang Kamar Mandi  dan kantin yang  bersih dan higienis.
Semenjak itulah  SMP Tri Shakti berpindah lokasi hingga sekarang dengan perubahan sistem pengajaran dan perubahan  pembanguan fisik serta pemenuhan  sarana  dan prasarana pendidikan yang lebih memadahi dalam kegiatan belajar mengajar ditandai berdirinya Laboratorium Komputer dan Laboratorium Bahasa, selain itu para pendidik yang rata rata lulusan kependidikan S1 yang berkompeten di bidangnya masing – masing. Oleh karenanya tidak diragukan lagi kompetensi para pendidik dalam mencetak siswa siswa muslim yang lebih bertakwa, berkualitas dalam berfikir serta mudah mengamalkan ilmunya di tengah masyarakat nantinya.