Rabu, 16 Maret 2011

OLAHRAGA BOLA TANGAN

Handball

Handball

Handball adalah olahraga tim di mana dua tim dari tujuh pemain masing-masing, 6 orang pemain dan 1 kiper yang bebas melempar bola ke teman 1 tim nya, tim yang paling banyak mencetak angka dalam waktu 30 x 2 menit memenangkan pertandingan.
Bola tangan modern biasanya dimainkan di dalam ruangan, tetapi variasi outdoor ada dalam bentuk lapangan bola tangan (yang lebih umum pada masa lalu) dan bola tangan pantai . Amerika bola tangan dan bola tangan Gaelic olahraga benar-benar berbeda.
Permainan ini cukup cepat dan meliputi kontak tubuh sebagai usaha untuk menghentikan para penyerang dari mendekati gawang. Kontak hanya diperbolehkan kalau pemain bertahan benar-benar di depan pemain ofensif, yaitu antara pemain ofensif dan gawang. Hal ini disebut sebagai pemain sandwich.  Setiap kontak dari samping atau terutama dari belakang dianggap berbahaya dan biasanya bertemu dengan denda. Ketika defender melakukan pelanggaran, permainan dihentikan dan dimulai kembali oleh tim menyerang dari titik pelanggaran atau pada baris sembilan meter.  Tidak seperti di basket dimana pemain diperbolehkan untuk melakukan hanya 5 pelanggaran dalam permainan (6 di NBA ), pemain bola tangan diperbolehkan jumlah yang tidak terbatas “kesalahan,” yang dianggap baik dan mengganggu pertahanan untuk menyerang tim irama.
Gol dinilai cukup sering, biasanya kedua tim skor minimal 20 gol masing-masing, dan tidak biasa bagi kedua tim untuk mencetak lebih dari 30 gol.  Ini tidak benar dalam sejarah awal pertandingan, ketika nilai itu lebih mirip dengan yang hoki es .  Namun, seperti bermain ofensif telah meningkat sejak akhir 1980-an, khususnya penggunaan serangan balasan (counter attack) setelah serangan yang gagal dari tim lainnya, kesempatan mencetak gol telah meningkat.
Sejarah
Ada catatan-seperti permainan bola tangan di abad pertengahan Perancis , dan di antara Inuit di Greenland , di Abad Pertengahan .  Pada abad ke-19, di sana ada permainan serupa håndbold dari Denmark , házená di Republik Ceko , hádzaná di Slovakia , gandbol di Ukraina , torball di Jerman , serta versi di Uruguay.
Permainan bola tangan tim itu saat ini dibentuk pada akhir abad ke-19 di utara Eropa , terutama Denmark , Jerman , Norwegia dan Swedia . Holger Nielsen , seorang guru olahraga Denmark, menyusun aturan untuk bola tangan modern (håndbold) pada 1898 dan diterbitkan mereka pada tahun 1906, dan Ernst Rasmus Nicolai, Denmark guru lain, melakukan hal sama pada tahun 1897.
Lapangan
Handball dimainkan di lapangan 40 hingga 20 meter (130 × 66 kaki), dengan tujuan di tengah setiap akhir. Gawang dikelilingi oleh daerah dekat-setengah lingkaran, disebut zona atau lipatan itu, yang didefinisikan oleh garis enam meter dari gawang. Sebuah garis setengah lingkaran di dekat-berlari sembilan meter dari gawang menandai melempar bebas-line.  Setiap baris di pengadilan adalah bagian dari daerah yang secara meliputi. Ini berarti bahwa garis tengah milik kedua bagian pada saat yang sama.

Jangka waktu
Sebuah pertandingan standar untuk semua tim dari 16 dan lebih tua memiliki dua periode dari 30 menit dengan waktu 10 menit-setengah. Untuk pemuda durasi permainan adalah:
  • 2 x 25 minutes at ages 12 to 16. 2 x 25 menit di usia 12 hingga 16.
  • 2 x 20 minutes at ages 8 to 12. 2 x 20 menit pada usia 8-12.
Namun, federasi nasional dari beberapa negara mungkin berbeda dalam pelaksanaan mereka dari panduan resmi.
Setiap tim dapat panggilan satu tim timeout (tuntuk) per periode yang berlangsung satu menit. Hak ini hanya dapat dipanggil oleh tim dalam kepemilikan bola.  Untuk melakukannya, perwakilan tim meletakkan kartu hijau ditandai dengan hitam “T” di meja pencatat waktu tersebut. pencatat waktu kemudian segera menyela terdengar permainan oleh sinyal akustik dan menghentikan waktu.

Bola
Bola adalah bola dan baik harus terbuat dari kulit atau bahan sintetik. Bola tidak diizinkan untuk memiliki permukaan mengkilat atau licin. Karena dimaksudkan untuk dioperasikan dengan satu tangan, ukuran resmi bervariasi tergantung pada usia dan jenis kelamin dari tim yang berpartisipasi.

Tidak ada komentar: